Thursday, March 31, 2016

Review Teknologi Komputer Grafik

Komputer grafik menawarkan berbagai macam teknologi yang kini sudah semakin canggih dan memudahkan kegiatan manusia. Augmented Reality merupakan salah satu teknologi komputer grafik yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan atau tiga dimensi lalu  memproyeksikan benda – benda maya tersebut dalam waktu nyata.

Cara kerja Augmented Reality tidak terlalu sulit yaitu  hanya dengan mengarahkan gambar atau foto (tracking) ke arah kamera, gambar, atau foto dua dimensi (2D) tersebut dapat berubah menjadi gambar tiga dimensi (3D) atau video. Tracking tidak selalu harus gambar atau foto 2D, kini kita dapat melakukan tracking pada wajah manusia, maupun obyek real lainnya.

Bahasa pemrograman yang biasa digunakan untuk mengembangkan aplikasi AR antara lain  bahasa C++, Python, Lua, atau Ruby . Adapun tools seperti OSGART dan ARToolKit yang  mempunyai berbagai macam fitur yang telah didesain sedemikian rupa untuk dapat lebih memaksimalkan pengembangan aplikasi AR.

Augmented Reality sudah semakin banyak digunakan di bidang pendidikan, kesehatan, industri film, video game serta aplikasi iPhone dan Smartphone. Dengan menggunakan teknologi AR dapat menjadikan benda 2D yang awalnya nampak biasa saja lalu berubah menjadi 3D sehingga menjadi lebih nyata dan interaktif. Dibutuhkan kemampuan imajinasi yang tinggi sehingga desain yang diimplementasikan dengan konsep AR menjadi lebih menarik dan bermanfaat bagi pengguna.

Contoh dapat di lihat disini

No comments:

Post a Comment